Raih Gelar Doktor, M. Nur Bahas Pentingnya Manajemen SDM Berbasis Islam

Promosi Terbuka

Sungai Penuh - H. Muhamad Nur, MA, Kepala Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci raih gelar doktor bidang ilmu pendidikan islam setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, sabtu, 16 Maret 2024.

Dihadapan penguji M. Nur mempresentasikan disertasinya dengan judul ”Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Islam Dalam Membina Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah di Pasaman Barat". Menurutnya, pendekatan ini tidak hanya mengorganisir potensi SDM, tetapi juga mampu memperkuat dimensi keislaman dalam konteks pendidikan.

"Pentingnya manajemen SDM berbasis Islam ini terbukti mampu membina dan menciptakan kompetensi kepribadian guru sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta menjadikan Islam sebagai landasan utama dalam proses pembinaan," ungkapnya.

Sidang tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor I IAIN Kerinci, Dr. Ahmad Jamin, M.Ag., Wakil Rektor II, Dr. Jafar Ahmad, M.Si., Wakil Rektor III, Dr. Halil Husairi, M.Ag., serta Dekan Syariah dan Dekan Tarbiyah. Dr. Ahmad Jamin berharap bahwa keberhasilan M. Nur dapat menjadi motivasi bagi dosen-dosen lainnya untuk terus meningkatkan kapasitas ilmiahnya.

"Kami berharap gelar doktor yang diraih oleh H. Muhamad Nur ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan SDM di IAIN Kerinci serta menjadi pemicu semangat bagi dosen-dosen lainnya untuk terus mengasah ilmu dan keterampilannya," ujar Dr. Ahmad Jamin

Rektor IAIN Kerinci, Prof. Dr. Asa'ari, M.Ag., mengapresiasi pencaian M.Nur ini, beliau menyampaikan salah satu ciri Perguruan Tinggi yang baik ialah adanya human resources (SDM) yang unggul dan berintegritas, baik dosen maupun tendik. Dari situ pula trust dan kinerja dibangun untuk menghasilkan out put (Sarjana) berkualitas.

"Inilah yang sedang dan terus didorong di IAIN Kerinci, saat ini sudah ada sekitar 56 orang Doktor, 39 orang on going doktor, dan setiap tahun ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S3; insya Allah dalam 2 atau 3 tahun ke depan kita akan punya sekitar 90 hingga 100 doktor; disamping terus mendorong akselerasi Guru Besar," tutup rektor. (Media Center TIPD).

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
kampus merdeka
merdeka belajar
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Kerinci
Sidang Promosi Terbuka
Gelar Doktor

Berita Lainnya

19/05/2024

 
SUNGAI PENUH - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci semakin aktif dalam menjalin kerja sama... Selanjutnya

17/05/2024

Oleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung)
(Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag RI)

Dilansir dari laman... Selanjutnya

16/05/2024

Jakarta (Kemenag) -Kementerian Agama kembali membuka program seleksi penerimaan beasiswa... Selanjutnya

14/05/2024

Sungai Penuh - Pendaftaran UM-PTKIN 2024 telah berlangsung. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun... Selanjutnya

Rapat Pembentukan UPG
07/05/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci mengambil langkah proaktif dalam upaya... Selanjutnya

Forum konsorsium
07/05/2024

 

Samarinda - Kepala Unit Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Dr. Rodi Hartono, S.Pd., M.Pd,... Selanjutnya

Wisuda Ke-VIII
02/05/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci melaksanakan prosesi wisuda Ke-VIII. Wisuda... Selanjutnya

Yudisium Fuad
30/04/2024

Sungai Penuh - Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kerinci menggelar yudisium ke VII dengan tema "... Selanjutnya

Yudisium Syariah
29/04/2024

 

Sungai Penuh - Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menggelar acara Yudisium ke... Selanjutnya

24/04/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya