Aktif Kembali! IAIN Kerinci Press Siap Terbitkan Karya Tulis Bermutu

Pamflet IAIN Kerinci Press 2023

IAIN KERINCI – Sebagai bentuk komitmen kampus dalam mendorong produktifitas karya tulis berkelanjutan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci melalui tim penerbitan IAIN Kerinci Press tahun ini mulai efektif kembali, setelah beberapa tahun belakangan  sempat vakum. Pengaktifan tim penerbitan IAIN Kerinci Press ini tentunya menandai bahwa kampus IAIN Kerinci serius pada implementasi serta pengembangan kampus unggul berdaya saing global khususnya di bidang riset dan penulisan berkualitas.

Diinisiasi langusung oleh Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan/Rumah Jurnal IAIN Kerinci, Mursal, MA., IAIN Kerinci Press kedepan secara bekesinambungan menjadi wadah bagi tulisan terbaik untuk dapat dipublikasikan secara luas kepada masyakarat sehingga ide tulisan itu sendiri dapat dirasakan manfaatnya secara langsung. Dirinya menyadari bahwa kehadiran tim penerbitan tersebut menjadi aspek penting untuk membangun kampus yang memiliki jargon sebagai kampus progresif ini sebagai kampus unggulan terbaik.

“Kita perlu tahu serta sadar, untuk menghidupkan suasana akademik yang maju adalah dari aspek penulisan, terutama dosen yang ada beban tri dharmanya. Tim penerbitan IAIN Kerinci sebenarnya ada, tapi memang tidak aktif tahun belakangan, vakumlah gitu, makanya kita hidupakan lagi, ini untuk progresivitas kampus,” jelas Mursal, Selasa (28/3).

Selaku Ketua LP2M, Dr. Usman, M.Ag., sangat menyambut baik ide tersebut, beliau memang sedikit menyayangkan terkait vakumnya tim penerbit kampus selama ini dikarenakan beberapa kendala terutama sejak peresmian alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kerinci menjadi IAIN Kerinci pada tahun 2018 lalu. Pihaknya juga mengaku senang sekali dengan kembali diaktifkannya tim penerbitan IAIN Kerinci Press yang dulu namanya dikenal sebagai STAIN Kerinci Press.

“Alhamdulillah, tim penerbitan kampus sekarang sudah aktif kembali. Memang sempat terhenti karena pergantian alih status STAIN ke IAIN, tapi dengan tim yang sekarang saya optimis kita dapat kembali melakukan kegiatan penerbitan untuk buku referensi, penelitian atau buku ajar. Dan kita disini juga tidak terbatas, bagi masyarakat atau ilmuan pemikir yang punya sumbangsih keilmuan untuk dapat berkolaborasi dengan IAIN Kerinci Press untuk kita terbitkan karya-karya terbaiknya,” paparnya penuh semangat.

Di lain kesempatan, Dr. Ja’far Ahmad, M.Si yang ditunjuk selaku Ketua Tim Penerbitan IAIN Kerinci Press mengungkapkan antusiasnya atas pembentukkan kembali tim penerbitan tersebut. Ja’far mengaku hal ini menjadi sinergi positif menyambut baik visi misi kampus IAIN Kerinci sebagai kampus terdepan dalam urusan publikasi. Ia mengungkapkan, bahwa hampir semua akademisi sejatinya mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat, namun diakuinya akses tulisan sampai diterbitkan kerap kali menjadi kendala. Melalui IAIN Kerinci Press ini dirinya berharap setiap tulisan itu dapat di tampung secara akomodatif serta dipublikasikan melalui pendampingan yang efektif dan efisien.

“Ini (IAIN Kerinci Press -red.) mengakomodir seluruh tulisan dari dosen, mahasiswa baik yang dari IAIN maupun dari kampus lain. Selanjutnya bagi guru-guru, adik-adik siswa, pegiat narasi yang punya tulisan ilmiah ataupun tidak, juga bisa kita bantu terbit disini,” ungkap Ja’far yang juga selaku Wakil Rektor II IAIN kerinci.

Sesuai dengan trobosan yang telah dicangankan, IAIN Kerinci Press hadir tidak hanya sebagai wadah publikasi bagi penulis dari kalangan akademisi kampus saja, namun juga bagi setiap penulis brilian mulai dari kalangan mahasiswa atau pun siswa di luar kampus yang memiliki tulisan terbaik serta ingin karyanya diterbitkan, IAIN Kerinci Press dapat menjadi salah satu rujukan media publikasi yang bersahabat untuk setiap jenis tulisan seperti: buku ajar, buku referensi, monograf, novel, kumpulan cerpen, dan lain sebagainya.

Sejauh ini, IAIN Kerinci Press telah menerbitkan total sebanyak 11 judul buku berkualitas dari beragam penulis. Sementara, tim penerbitan IAIN Kerinci Press saat ini juga sedang dalam proses pengajuan nomor keanggotaan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Namun, setiap karya yang telah diterbitkan oleh IAIN Kerinci Press telah memiliki nomor unik yang dikeluarkan oleh pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam bentuk International Standar Book Number (ISBN) pada setiap judulnya. Jadi, setiap buku yang diterbitkan oleh IAIN Kerinci Press tentunya sudah dijamin orisini, berkualitas, dan tentunya legal.  Ini sebagai jaminan untuk memberikan rasa nyaman baik bagi pembaca dan penulis itu sendiri. IAIN Kerinci Press juga memberikan pendampingan yang tepat bagi penulis pemula untuk menghasilkan tulisan berkualitas sampai terbit.

(Media Center – TIPD)

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Kerinci
Provinsi Jambi
2023
Penerbit IAIN Kerinci
IAIN Kerinci Press
Buku
Karya Tulis

Berita Lainnya

23/06/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.idOleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,... Selanjutnya

UM-PTKIN 2024
20/06/2024

 

 

Sungai Penuh - Calon mahasiswa baru yang mendaftar  melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam... Selanjutnya

17/06/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.idOleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,... Selanjutnya

13/06/2024

 

Sungai Penuh - Dua Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci berhasil lolos seleksi Beasiswa... Selanjutnya

13/06/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

12/06/2024

 

Sungai Penuh – Program Studi Manajemen Dakwah di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama... Selanjutnya

BIMTEK Sister
11/06/2024

 

Sungai Penuh - Menindaklanjuti kebutuhan penyesuaian proses kenaikan jabatan sesuai dengan Peraturan... Selanjutnya

Pelepasan Mahasiswa KKN SISDAMAS
10/06/2024

 

Kerinci - Sebagai perwujudan nyata komitmen pendidikan dalam pembangunan masyarakat, Rektor Institut Agama Islam Negeri... Selanjutnya

08/06/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.id
Oleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam... Selanjutnya

Coaching KKN 2024
07/06/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci kembali menggelar kegiatan coaching dan pembekalan untuk... Selanjutnya