UM-PTKIN 2024 Masih Berlangsung, Peluang Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Sungai Penuh - Pendaftaran UM-PTKIN 2024 telah berlangsung. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun akademik 2024/2025 diselenggarakan secara luring di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan titik lokasi ujian yang dipilih oleh peserta dengan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah)..

 

Selain mendaftarkan diri di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci peserta UM-PTKIN 2024 juga bisa memilih Perguruan tinggi dibawah naungan Kementrian Agama Seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Perguruan Tinggi yang memiliki program studi dengan izin pendirian dari Kementerian Agama. 

 

Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN 2024
1. Pendaftaran/Pembayaran : 17 April 2024 pukul 08.00 WIB – 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
2. Finalisasi Pendaftaran : 17 April 2024 pukul 08.00 WIB – 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
3. Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN : Dimulai pada 21 April 2024 pukul 08.00 WIB
4. Pelaksanaan Ujian SSE UM PTKIN : 24 Juni – 30 Juni 2024
5. Pengumuman : 8 Juli 2024

 

Ketentuan Umum UM-PTKIN 2024
1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS/sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
2. Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL), dan Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.
3. Peserta wajib memiliki:
• Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
• Email yang aktif dan dapat dihubungi;
• Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
4. Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman https://um.ptkin.ac.id.
5. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.
6. Peserta memilih maksimal tiga Program Studi pada PTKIN/PTN.
7. Peserta memilih PTKIN/PTN Titik Lokasi Ujian.
8. Pendaftaran peserta dinyatakan selesai apabila peserta telah melakukan Finalisasi Pendaftaran.

 

Pelaksanaan Ujian UM-PTKIN 2024
Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN tercantum pada masing-masing Kartu Peserta Ujian dan dilaksanakan pada PTKIN/PTN Titik Lokasi Ujian yang dipilih oleh Peserta dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

 

Alur Pendaftaran UM-PTKIN 2024
1. Calon peserta mendaftar Akun UM-PTKIN. Pilih Daftar Bagi Calon Pendaftar yang memiliki NISN dan belum memiliki akun SPAN-PTKIN. Username dan Password didapat setelah melakukan pendaftaran dan dikirim melalui email yang dicantumkan saat pendaftaran akun UM-PTKIN.
2. Pilih Login. Gunakan Username/NISN dan Password.
3. Mengisi biodata secara online di https://um.ptkin.ac.id/ atau menggunakan aplikasi mobile Android UM-PTKIN 2024 hingga mendapat INVOICE dan nomor VA (Virtual Account), Informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
4. Calon peserta melakukan pembayaran pada Channel Pembayaran Bank Mandiri atau Bank lain dengan ketentuan sebagai berikut :
• Melalui Bank Mandiri, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Teller Kantor Cabang Bank Mandiri, ATM Bank Mandiri, LIVIN by Mandiri dengan menunjukkan / memasukkan nomor VA/Kode Bayar.
• Selain Bank Mandiri, pembayaran dapat dilakukan di ATM Bank lain, dan Transfer dengan Nomor Rekening tujuan ke VA (Virtual Account) melalui Bank Non-Mandiri di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan nomor VA (Virtual Account) sebagai nomor rekening tujuan . (ada tambahan biaya tergantung mitra).

5. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
6. Peserta melanjutkan pendaftaran online di https://um.ptkin.ac.id/ atau menggunakan aplikasi mobile Android UM-PTKIN 2024 dengan mengecek status pembayaran, kemudian dilanjutkan dengan memilih program studi dan PTKIN/PTN titik lokasi ujian hingga cetak kartu peserta ujian.
7. Mengikuti ujian SSE UM-PTKIN pada PTKIN/PTN titik lokasi ujian yang dipilih oleh peserta.

 

Materi Ujian UM-PTKIN 2024
1. Penalaran Akademik (PA), mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
• Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
• Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
• Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.2

2. Penalaran Matematika,mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

3. Literasi membaca, mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

4. Literasi Ajaran Islam,mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Informasi mengenai UM PTKIN 2024 dapat diikuti di laman https://um.ptkin.ac.id/ atau laman PTKIN yang dituju.

 

Tags: 
iain kerinci
kampus progresif
Kampus Puncak Ilmu Pengetahuan
kampus merdeka
merdeka belajar
Kota Sungai Penuh
Kabupaten Kerinci
UM-PTKIN 2024

Berita Lainnya

23/06/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.idOleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,... Selanjutnya

UM-PTKIN 2024
20/06/2024

 

 

Sungai Penuh - Calon mahasiswa baru yang mendaftar  melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam... Selanjutnya

17/06/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.idOleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam,... Selanjutnya

13/06/2024

 

Sungai Penuh - Dua Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci berhasil lolos seleksi Beasiswa... Selanjutnya

13/06/2024

 

Sungai Penuh – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Prof. Dr. H. Asa'ari,... Selanjutnya

12/06/2024

 

Sungai Penuh – Program Studi Manajemen Dakwah di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama... Selanjutnya

BIMTEK Sister
11/06/2024

 

Sungai Penuh - Menindaklanjuti kebutuhan penyesuaian proses kenaikan jabatan sesuai dengan Peraturan... Selanjutnya

Pelepasan Mahasiswa KKN SISDAMAS
10/06/2024

 

Kerinci - Sebagai perwujudan nyata komitmen pendidikan dalam pembangunan masyarakat, Rektor Institut Agama Islam Negeri... Selanjutnya

08/06/2024

 

Dilansir dari laman : Ariana.id
Oleh: Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. (Ahmad Inung) (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam... Selanjutnya

Coaching KKN 2024
07/06/2024

 

Sungai Penuh - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci kembali menggelar kegiatan coaching dan pembekalan untuk... Selanjutnya